• Kecerdasan Majemuk vs Kecerdasan Tunggal


    Benar bahwa di kepala manusia memiliki beberapa belahan otak yang bekerja dengan cara berbeda. Terdapat banyak kecerdasan pada setiap orang. STIFIn menyebut ada 5 jenis kecerdasan, sesuai dengan keberadaan 5 belahan otak. Multiple Intelligence (MI) menyebut ada 8 jenis kecerdasan tanpa dikaitkan dengan belahan otak. Artinya disepakati oleh semua pihak bahwa setiap manusia memiliki aneka kecerdasan.

    Diskusinya adalah adakah pola kerja otak? MI mengatakan semua jenis kecerdasan dapat dipakai secara bergantian. Bisa dipakai sekaligus secara berganda. Tidak ada kepemimpinan tunggal. Yang ada adalah kepemimpinan bersama. Tidak ada pola. Bersifat acak. Diasumsikan bersatu tolong menolong dengan sendirinya. Menjadi sebuah harmoni secara otomatis. Benarkah?

    Sedangkan kecerdasan tunggal yang dimaksud STIFIn bahwa harmoni itu muncul karena ada pemimpin. Satu belahan memimpin empat belahan otak lainnya. Ada pola kepemimpinan yang jelas. Hadist, "Berjalanlah engkau dua orang, maka salah satu harus menjadi pemimpinnya". Itulah hukum alam yang berlaku sehari-hari. Termasuk di kepala kita.

    Farid Poniman
    Penemu STIFIn
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13